Wednesday, December 14, 2011

foto ular kobra berkepala lima dari Karnataka

foto ular kobra berkepala lima dari Karnataka

Ini informasi singkat untuk kalian mengenai ular kobra berkepala lima dari kuil Karnataka.


Beberapa hari yang lalu, saya melihat sebuah berita yang dimuat di forum vivanews. Dalam forum itu diposting 3 foto yang menunjukkan adanya seekor ular kobra yang memiliki 5 kepala.

Foto-foto itu disertai dengan keterangan sebagai berikut - Ejaan saya tampilkan apa adanya:
"Sayah begitu terkejut melihat gambar inih ketikah seorang teman sayah mengirimkannya kepada sayah. Ini adalah ular ditemukan di sebuah kuil di Karnataka. Tampak sepertih makhluk dari mitologi."

"Binatang berkepalah multi terjadi dalam kehidupan nyata sebagai kembar siam atau parasit. Hal ini tidak hanyah dalam makhluk mitologi yang diberikan untuk memilikih dua atau lebih kepala. Ini kondisi dimana suatu hewan atau manusia yang memiliki lebih dari satu kepala disebut sebagai polycephaly disebabkan karena kelainan perkembangan selama mutasi gen. "

"Banyak mitologi seperti Hindu, Cina, Yunani, dll memiliki referensi seperti ular berkepala 5 dalam epik mereka."


Seperti yang bisa kita lihat di watermark foto, foto-foto tersebut berasal dari website India bernama southdreamz.com. Keterangan yang menyertai foto-foto ini di forum vivanews adalah terjemahan google translate dari artikel di southdreamz (tentu saja tanpa huruf "h" di belakang banyak kata). Ini menjelaskan tata bahasanya yang cukup aneh.

Lalu pertanyaannya adalah: Apakah ular kobra berkepala 5 benar-benar ada?

Jawabannya adalah: Saya tidak tahu.

Namun, kalau ditanya apakah 3 foto tersebut asli, maka saya bisa menjawabnya. Jawabannya adalah: Tidak!

Bagaimana kita bisa mengetahuinya?

Lihat leher (atau badan) ular tersebut. Dua foto tersebut menunjukkan pola leher yang berbeda. Yang satu lebih gelap dibanding yang lain.


Ini menunjukkan adanya dua kemungkinan.

Kemungkinan pertama adalah, ada dua ular kobra berkepala lima yang ditemukan. Namun karena keterangan di atas tidak menyebutkan adanya dua ular, maka itu berarti kemungkinan keduanya adalah, foto di atas adalah hasil rekayasa Photoshop.

Namun, untuk sebuah bukti yang lebih konkrit, tentu saja kita butuh lebih dari sekedar dugaan. Karena itu kita tinggal mencari informasinya dari google. Dan kita pun bisa menemukan foto-foto asli ular tersebut sebelum direkayasa.


Foto-foto orisinil di atas sebenarnya diambil di sebuah peternakan ular di Thailand pada tahun 2003 oleh seorang blogger bernama Tien Chiu. Saya menemukan foto-foto tersebut di hoax-slayer.com.

Ini foto lain yang menunjukkan suasana di peternakan ular tersebut.


Di situs southdreamz, kalian bisa menemukan sebuah video yang menampilkan banyak still picture ular berkepala lima. Namun, karena video itu hanya menampilkan still picture, maka saya mengambil kesimpulan kalau apa yang ditampilkan di dalamnya kemungkinan juga hasil rekayasa photoshop. Namun paling tidak, untuk tiga foto di atas, kita sudah mengetahui kebenarannya.

0 comments:

Post a Comment